Staheholder: siapa saja yg bkpntingan atau terkena dampak suatu program atau pengembangan.
Kbrhsln strategi pengembngn tergantung pd partisipasi masing-2 unsur stakeholders.
Langkah-2 menuju partisipasi stakeholders:
- Perumusan isyu;
- Penyusunan long list;
- Pemetaan stakeholders;
- Identifikasi stakeholders;
- Verifikasi stakeholders;
- Strategi mobilisasi stakeholders.
Pemetaan stakeholders untuk penentuan urutan prioritas dlm strategi pengembangan, berdsrkn kepentingan, kapasitas, dan relevansi dlm pengembangan, dg 4 kel stakeholders, sbb.
(1) Kel yg kepent & kkuatan pengaruhnya tinggi;
(2) Kel yg kepent tinggi, tp kkuatan pengaruhnya rendah;
(3) Kel yg kepent rendah, tp kkuatan pengaruhnya tinggi;
(4) Kel yg kepent & kkuatan pengaruhnya rendah
(Sugeng Wahyudi. 2003. “Stakeholder Pengembangan Bursa Efek (1).” Suara Merdeka. Selasa, 12 Agustus/hal. 12).